kusebutkan : hibakuska — “mereka yang pernah melihat neraka”.

FIKSI LOTUS

John Berger

Permasalahan pelik ini dimulai dengan keinginan untuk mendorong masyarakat mengenang kembali kejadian pada tanggal 6 Agustus 1945.

Tahun lalu, seseorang menunjukkan sebuah buku padaku di ajang Frankfurt Book Fair. Sang editor meminta pendapatku soal format buku yang sedang ia tunjukkan. Aku hanya melihatnya sekilas dan menjawab pertanyaannya dengan singkat. Kemudian, tiga bulan lalu, aku menerima paket buku yang sama dalam kondisi telah dicetak rapi. Buku itu tergeletak di atas meja kerjaku. Sesekali, judul dan ilustrasi kavernya menarik perhatianku, namun aku masih belum tertarik untuk membukanya. Bagiku, buku itu tak perlu segera dibaca, karena toh aku sudah tahu isinya.

Ingatanku masih segar akan hari itu — aku sedang bertugas sebagai prajurit di Belfast* ketika orang-orang di sekelilingku menyampaikan berita bahwa ada bom yang dijatuhkan di Hiroshima. Lebih dari itu, berapa banyak pertemuan yang telah kuhadiri bersama teman-temanku, di mana kita semua membahas pelucutan senjata nuklir yang pertama; dan…

Lihat pos aslinya 2.540 kata lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s